Senin, 16 September 2013

RPP Kelas VII Semester 2


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )


Sekolah                        : SMPN 3 PARIAMAN
Mata Pelajaran             : Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester            : VII / 2

Standar Kompetensi     : 8.     Mempraktikan berbagai teknik dasar permainan dan
                                                 olahraga serta nilai-nilai yang terkandung di dalamnya

Kompetensi Dasar       : 8.1. Mempraktikkan variasi teknik dasar salah satu nomor permainan
                                              beregu bola besar lanjutan serta nilai kerjasama, toleransi,
                                              memecahkan masalah, menghargai teman dan keberanian

Indikator          : Aspek  Psikomotor
·   Melakukan passaing atas dan bawah (penguatan)
·  Melakukan  servis bawah dan smash tanpa awalan
·  Melakukan  variasi teknik dasar
·  Bermain dengan peraturan yang dimodifikasi

  Aspek  Kognitif
·  Mengetahui bentuk variasi dan kombinasi teknik dasar passing atas dan bawah, servis bawah dan smash tanpa awalan

  Aspek Afektif
· Kerjasama, toleransi, percaya diri, keberanian, menghargai lawan, bersedia berbagi tempat dan peralatan

Alokasi Waktu             : 3 x 2 x 40 menit


A. Tujuan Pembelajaran         : 1. Siswa dapat melakukan passing atas dan bawah dalam permainan bola voli
                                                  2. Siswa dapat melakukan service bawah dan smas tanpa awalan
 
v     Karakter siswa yang diharapkan :      Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Toleransi ( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian ( Bravery )
                                               
B. Materi Pembelajaran        : Permainan Bola Voli

C. Metode Pembelajaran       : 1. Inclusivei
                                                  2. Demonstrasi
                                                  3. Part and whole
                                                  4. Resiprocal



D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran          :
Pertemuan 1 & 2
1. Kegiatan Pendahuluan
-    Berbaris, berdoa, presensi, apersepsi dan pemanasan
-    Memberikan motivasi dan menjelaskan tujuan pembelajaran

2. Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  Melakukan passing atas dan bawah secara berpasangan   atau kelompok
F  Melakukan  servis bawah dan smash tanpa awalan secara berpasangan atau kelompok
F  Melakukan  variasi teknik dasar secara berpasangan   atau kelompok
F  Bermain dengan peraturan yang dimodifikasi untuk me nanamkan nilai kerja  sama dan keberanian
F  memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di lapangan.

§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  Melakukan passaing atas dan bawah (penguatan)
F  Melakukan  servis bawah dan smash tanpa awalan
F  Melakukan  variasi teknik dasar
F  Bermain dengan peraturan yang dimodifikasi
F  Mengetahui bentuk variasi dan kombinasi teknik dasar passing atas dan bawah, servis bawah dan smash tanpa awalan
F  Kerjasama, toleransi, percaya diri, keberanian, menghargai lawan, bersedia berbagi tempat dan peralatan
F  memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.

§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

3. Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F  bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
F  melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F  memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F  merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;

E. Sumber Belajar                  : 1. Buku Teks
                                                  2. Bola
                                                  3. Lapangan
                                                  4. Tiang dan Net Volli
                                                  5. Peluit

F. Penilaian     :
   
Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran    

Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
Aspek  Psikomotor
·  Melakukan passaing atas dan bawah (penguatan)
·  Melakukan  servis bawah dan smash tanpa awalan
·  Melakukan  variasi teknik dasar
·   Bermain dengan peraturan yang dimodifikasi

Aspek  Kognitif
·   Mengetahui bentuk variasi dan kombinasi teknik dasar passing atas dan bawah, servis bawah dan smash tanpa awalan

Aspek Afektif
·   Kerjasama, toleransi, percaya diri, keberanian, menghargai lawan, bersedia berbagi tempat dan peralatan
 Tes praktik
(Kinerja)













observasi

Tes Contoh Kinerja














observasi

Lakukan  variasi dan kombinasi teknik dasa
 (passing, servis ,smash tanpa awalan) !











                                  
Kerjasama, toleransi, percaya diri, keberanian, menghargai lawan, bersedia berbagi tempat dan peralatan

1. Teknik Penilaian            :

         - Tes Unjuk Kerja (Psikomotor)
            Lakukan teknik service bawah dan smash tanpa awalan
                     N = Σ Skor yang diperoleh x 50
                             Σ Skor maksimal

         - Pengamatan Sikap (Afeksi)
Lakukan teknik service bawah dan smash tanpa awalan
                      N = Σ Skor yang diperoleh x 30
                             Σ Skor maksimal

         - Kuis (Kognisi)
           Jawablah secara benar pertnyaan-pertanaan menjadi  konsep gerak dalam permainan 
           bola voli
         
                      N = Σ Skor yang diperoleh x 20
                             Σ Skor maksimal
     2. Rubrik Penilaian             :          
                                   
Rubrik Penilaian Unjuk Kerja
Bola Voli

Indikator Pencapaian Kompetensi
Aspek yang dinilai
Skor
Nilai
1.Melakukan teknik service.    


                                     2. Melakukan teknik dasar smash tanpa awalan                                                
1. Sikap awal
2. Ayunan tangan
3. Perkenaan bola pada tangan
4. Gerak ikutan

1.   Sikap awal
2.   Perkenaan bola pada tangan saat lompat
3.   Gerak ikutan
10 – 20
15 – 30
20 – 30
5 – 10

15 – 30
25 – 50

10 - 20


Jumlah Nilai


Jumlah skor max         : 30

Rubrik Penilaian Pengamatan Sikap
                                                    Dalam permainan Bola Voli           

 Indikator Pencapaian Kompetensi
Perilaku yang diharapkan
Skor
Nilai
1.Melakukan teknik service.    

                                     2. Melakukan teknik dasar smash tanpa awalan                                                
1. Sopan
2. Mamatuhi tata tertib
3 Menghargai teman
4. Melakukan dengan sungguh-sungguh.
5. Kerja sama
0 – 20
0 – 20
0 – 20
0 – 20
0 – 20




Jumlah Nilai


Jumlah skor max         :

Rubrik Penilaian Pemahaman Konsep
Bola voli
           
 Indikator Pencapaian Kompetensi
Pertanyaan yang diajukan
Skor
Nilai
1.Melakukan teknik service.    
                                 2. Melakukan teknik dasar smash tanpa awalan                                                
1. Jelaskan gerakan badan pada waktu service.
2. Jelaskan gerakan badan pada waktu smash tanpa awalan
0 – 40

0 – 60



Jumlah Nilai


 Jumlah skor max        :




                                                            JUMLAH NILAI

 Indikator Pencapaian Kompetensi
Psikomotor

Afeksi
Kognisi
JML
Keterangan
60 %
30 %

10 %
1.Melakukan teknik
   service.    
                                 2. Melakukan teknik
    dasar smash tanpa
     awalan                                                










   Keterangan   :  Batas Tuntas  SKBM
                                   
                                   
Mengetahui,
Kepala SMPN  3 PARIAMAN



_______________________

GURU MATA PELAJARAN




ZULMASRI






















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Sekolah                                    : SMPN 3 PARIAMAN
Mata Pelajaran             : Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester                        : VII / 2

Standar Kompetensi     : 8.    Mempraktikan berbagai teknik dasar permainan dan olahraga
                                                 serta nilai-nilai yang terkandung di dalamnya

Kompetensi Dasar       : 8.1.Mempraktikkan variasi teknik dasar salah satu nomor permainan
                                                beregu bola besar lanjutan serta nilai kerjasama, toleransi,
                                             memecahkan masalah, menghargai teman dan keberanian

Alokasi Waktu             : 2x2x 40 menit

A. Tujuan Pembelajaran        : 1. Siswa dapat melakukan variasi passing
                                                  2. Siswa dapat melakukan variasi drible
                                                              3. Siswa dapat melakukan variasi drible shooting
  4. Siswa dapat melakkan bermain dengan peraturan yang
      dimodifikasi
        
v        Karakter siswa yang diharapkan :   Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Toleransi ( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian ( Bravery )
                                     
B. Materi Pembelajaran        : Permainan Bola Basket

C. Metode Pembelajaran       : 1. Inclusivei
                                                  2. Demonstrasi
                                                  3. Part and whole
                                                  4. Resiprocal

D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran          :

Pertemuan 1, 2 & 3
1. Kegiatan Pendahuluan
-    Berbaris, berdoa, presensi, apersepsi dan pemanasan
-    Memberikan motivasi dan menjelaskan tujuan pembelajaran

2. Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  Melakukanmenggiring,   passing bola dari (dada,pantul dan atas kepala) secara berpasangan atau kelompok
F  Melakukan shooting satu tangan dari depan dada dan lay- up shoot secara berpasangan atau kelompok
F  Melakukan variasi teknik dasar secara berpasangan atau kelompok
F  Bermain dengan peraturan yang dimodifikasi untuk memupuk siksp menghargai lawan
F  memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di lapangan.

§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  menggiring, passing (dada, pantul, dari atas kepala (penguatan)
F  Melakukan shooting satu tangan dari depan dada dan lay- up shoot
F  Melakukan variasi teknik dasar
F  Bermain dengan peraturan yang  dimodifikasi
F  Mengetahui bentuk variasi dan kombinasi teknik dasar passing (dada, pantul, dari atas kepala (penguatan) dan shooting satu tangan dari depan dada dan lay- up shoot
F  Kerjasama, toleransi, percaya diri, keberanian, menghargai lawan, bersedia berbagi tempat dan peralatan
F  memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.

§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

3. Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F  bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
F  melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F  memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F  merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;

E. Sumber Belajar                  : 1. Buku Teks
                                                  2. Bola
                                                  3. Lapangan
                                                  4. Gawang Basket
                                                  5. Peluit








F. Penilaian                             :

 Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran    

Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
Aspek  Psikomotor
·   Melakukan menggiring, passing (dada, pantul, dari atas kepala (penguatan)
·   Melakukan shooting satu tangan dari depan dada dan lay- up shoot
·   Melakukan variasi teknik dasar
·   Bermain dengan peraturan yang  dimodifikasi

Aspek  Kognitif
·   Mengetahui bentuk variasi dan kombinasi teknik dasar passing (dada, pantul, dari atas kepala (penguatan) dan shooting satu tangan dari depan dada dan lay- up shoot

Aspek Afektif
·   Kerjasama, toleransi, percaya diri, keberanian, menghargai lawan, bersedia berbagi tempat dan peralatan
 Tes praktik
(Kinerja)
















observasi

Tes Contoh Kinerja

















observasi

Lakukan variasi dan kombinasi teknik dasar (passing bola dari dada, pantul dan atas kepala, shooting satu tangan dari depan dada dan lay-up shoot)














Kerjasama, toleransi, percaya diri, keberanian, menghargai lawan, bersedia


   1. Teknik Penilaian   :
         - Tes Unjuk Kerja (Psikomotor)
            Lakukan teknik dasar pasing, shoting, lay up dengan teknik yang benar
            Ket. : Berikan penilaian terhadap kualitas unjuk kerja siswa dengan rentang 1 s.d 5
                      N = Σ Skor yang diperoleh x 50
                             Σ Skor maksimal

         - Pengamatan Sikap (Afeksi)
           Mainkan permaian bola basket dengan peraturan yang dimodifikasi. Ta’ati, kerjasama dan
           tunjukan perilaku yang positif
           Ket. : Beri tanda (v) untuk setiap perilaku
                      N = Σ Skor yang diperoleh x 30
                             Σ Skor maksimal

         - Kuis (Kognisi)
             Jawablah secara benar atau peragakan dengan baik mengenai konsep gerak dalam permainan
             bola basket

           Ket. : Berikan penilaian terhadap kualitas jawaban siswa dengan rentang 1 s.d 5
           
          N = Σ Skor yang diperoleh x 20
                             Σ Skor maksimal
       
   NA = NP + NA + NK
   

   2. Rubrik Penilaian               :
                                   
                                                Rubrik Penilaian Unjuk Kerja
                                                           Bola Basket

Indikator Pencapaian Kompetensi
Aspek yang dinilai
Skor
Nilai
Kualitas Gerak
1     2     3     4     5

1.Kombinasi teknik
   dasar pasing (dada,
   pantul dan dari atas
   kepala)  dengan                                              
   tepat  
                





 2. Kombinasi teknik
    dasar menggiring,
    shooting (dengan
    dua tangan dari                                                    
    atas depan kepala)
    dan lay up shoot
    dengan tepat.  
                                              3. Bermain dengan
    peraturan yang
    dimodivikasi


1. Gerakan dasar pasing depan
    dada (Chest pass)

2. Gerakan dasar pasing pantul
    (Bond pass)






3. Gerakan dasar pasing di atas
     kepala (Over head pass)

4. Gerakan teknik dasar
     menggiring

5. Gerakan teknik dasar shooting

6. Gerakan teknik teknik lay up




Jumlah Nilai



  Jumlah skor max       : 30










Rubrik Penilaian Pengamatan Sikap
                                                    Dalam permainan Bola Basket
Indikator Pencapaian Kompetensi
Perilaku yang diharapkan
Skor
Nilai
Cek (V)

1. Kombinasi teknik
    dasar pasing  
    (dada, pantul  dan
    dari atas kepala)
    dengan tepat.                                        
                                      2. Kombinasi teknik
    dasar menggiring,
    shooting (dengan
    dua tangan dari                                                      
     atas depan kepala)
    dan lay up shoot
    dengan tepat.
                                                 3. Bermain dengan
    peraturan yang
    dimodivikasi


1. Bekerjasama dengan teman
    satu team

2. Berani menembus pertahanan
    Lawan

3. Menta’ati peraturan

4. Menghormati wasit

5. Menunjukkan sikap sportif




Jumlah Nilai




   Jumlah skor max      : 25
Rubrik Penilaian Pemahaman Konsep
Dalam permainan Bola Basket
 Indikator Pencapaian Kompetensi

Pertanyaan yang diajukan
Skor
Nilai
Kualitas
1    2    3   4  5

1.Kombinasi teknik
   dasar pasing (dada,
   pantul dan dari atas
   kepala)  dengan                                   
   tepat                                              

1.Bagaimanakah arah bola saat
   melakukan pasing

2. Bagaimana posisi tangan
    saat  melakukan shoting

3. Bagamana langkah kaki saat
    melakukan lay up shoot





Jumlah Nilai



    Jumlah skor max     : 15








                                                            JUMLAH NILAI

 Indikator Pencapaian Kompetensi
Psikomotor
Afeksi
Kognisi
JML
Keterangan













   Keterangan   : Batas Tuntas  SKBM
                             


Mengetahui,
Kepala SMPN 3 PARIAMAN




__________________

GURU MATA PELAJARAN





ZULMASRI






























RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )


Sekolah                                    : SMPN 3 PARIAMAN
Mata Pelajaran             : Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester                        : VII / 2


Standar Kompetensi     : 8.      Mempraktikan berbagai teknik dasar permainan dan olahraga
                                                  serta nilai-nilai yang terkandung di dalamnya

Kompetensi Dasar       : 8.2.  Mempraktikkan teknik dasar salah satu permainan 
                                                  dan olahraga beregu bola kecil lanjutan dengan baik
                                                  serta nilai kerjasama, toleransi, percaya diri, keberanian, menghargai
                                                  lawan, bersedia berbagi tempat dan peralatan

 Alokasi Waktu                        : 2x2x 40 menit

A. Tujuan Pembelajaran        :  1. Siswa dapat melakukan pukulan forehand dan backhand top spin
                                                   2. Siswa dapat melakkan pukulan backhand dan forehand back spin                                          
                                                       3. Siswa dapat bermain bulutangkis dengan peratuan yang
                                                           dimodifikasi

v  Karakter siswa yang diharapkan :         Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Toleransi ( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian ( Bravery )

B. Materi Pembelajaran        : Permainan Tenis Meja

C. Metode Pembelajaran       : 1. Inklusif
                                                  2. Demontrasi
                                                  3. Part and Whole
                                                  4. Resiprocal (timbal balik)

D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran          :

Pertemuan 1 &  2
1. Kegiatan Pendahuluan
-    Berbaris, berdoa, presensi, apersepsi dan pemanasan
-    Memberikan motivasi dan menjelaskan tujuan pembelajaran






2. Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  Memegang bat  servis  dan  pukulan backhand secara berpasangan   atau kelompok
F  Melakukan variasi teknik dasar secara berpasangan   atau kelompok
F  Bermain dengan peraturan yang  dimodifikasi untuk menanamkan nilai keberanian dan kerja sama
F  memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di lapangan.

§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  Memegang bat  servis  dan  pukulan backhand
F  Melakukan variasi teknik dasar
F  Bermain dengan peraturan yang  dimodifikasi
F  Mengetahui bentuk variasi dan kombinasi teknik dasar megangan raket , pukulan servis dan pukulan backhand
F  Kerjasama, toleransi, percaya diri, keberanian, menghargai lawan, bersedia berbagi tempat dan peralatan
F  memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.

§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

3. Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F  bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
F  melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F  memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F  merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;

E. Sumber Belajar      : 1. Roji, PENJASORKES,
                                      2. Meja
                                      3. Bet
                                      4. Net
                                      5. Bola
                                      6. Aula




F. Penilaian                 :

Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran    

Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
Aspek  Psikomotor
·   Memegang raket untuk servis dan pukulan backhand
·   Melakukan variasi teknik dasar
·   Bermain dengan peraturan yang  dimodifikasi

Aspek  Kognitif
·   Mengetahui bentuk variasi dan kombinasi teknik dasar megangan raket , pukulan servis dan pukulan backhand

Aspek Afektif
·   Kerjasama, toleransi, percaya diri, keberanian,
 Tes praktik
(Kinerja)











observasi

Tes Contoh Kinerja












observasi

Lakukan variasi dan
kombinasi teknik dasar pegengan raket  dan pukulan servis dan backhand !

 








Kerjasama, toleransi, percaya diri, keberanian, menghargai lawan,

  1. Teknik Penilaian    :

         - Tes Unjuk Kerja (Psikomotor)
            1. Lakukan cara memukul forehand dan backhand top spin
            2. Lakukan cara memukul forehand dan backhand back spin
            Ket. : Berikan penilaian terhadap kualitas unjuk kerja peserta ujian dengan skor nilai \
                       antara 10 s.d  25
            Nilai = Jumlah skor yang diperoleh  x 50       
                        Jumlah skor maksimal   
   
         - Pengamatan Sikap (Afeksi)
            Mainkan permainan Tenis Meja dengan peraturan yang telah dimodifikasi. Taati aturan
             permainan, kerjasama dengan teman satu team dan tunjukkan perilaku sportif.
            Ket. : Berikan penilaian pada kolom yang sudah disediakan, setiap peserta ujian
                      menunjukkan perilaku yang diharapkan. Tiap perilaku diberi skor 10 s.d 20
            Nilai = Jumlah skor yang diperoleh  x 30       
                        Jumlah skor maksimal 
     
         - Kuis (Kognisi)
            1. Bagaimana cara melakukan pukulan forehand dan backhand top spin
            2. Jelaskan cara melakukan back spin
            Ket. : Berikan penilaian terhadap kualitas jawaban peserta ujian dengan skor nila 10
                      s.d 25
            Nilai = Jumlah skor yang diperoleh  x 20       
                        Jumlah skor maksimal  
     2. Rubrik Penilaian             :

                                                     Rubrik Penilaian Unjuk Kerja
                                                Teknik dasar permainan Tenis Meja
           
 Indikator Pencapaian Kompetensi
Aspek yang dinilai
Skor
Nilai
1. Melakukan pukulan top spin
2. Melakukan pukulan back spin
1  Awalan
2. Ayunan lengan
3. Perkenaan dengan bola
4. Gerak ikutan
10 – 20
15 – 30
20 – 40
 5 – 10


Jumlah Nilai


  Jumlah skor max       : 100

Rubrik Penilaian Pengamatan Sikap
                                              Perilaku dalam permainan Tenis Meja
           
Indikator
Perilaku yang diharapkan

Skor
Nilai

Melakukan permainan sederhana

1. Bekerjasama dengan teman satuteam
2. Berlaku sopan
3. Mentaati peraturan
4. Menghormati teman
5. Menunjukkkan sikap bersungguh-
    sungguh dalam permainan

0 – 20
0 – 20
0 – 20
0 – 20
0 – 20




Jumlah Nilai



  Jumlah skor max       : 100

Rubrik Penilaian Pemahaman Konsep
                                     Pemahaman konsep gerak dalam permainan Tenis Meja
           
Indikator

Pertanyaan yang diajukan
Skor
Nilai

Pukulan top spin
Pukulan back spin

1. Jelaskan gerakan tangan saat memukul top
     spin
2. Jelaskan gerakan badan pada waktu
    memukul back spin


0 – 50

0 - 50


Jumlah Nilai



  Jumlah skor max       : 100
                                                           




JUMLAH NILAI

Indikator
Psikomotor
Afeksi
Kognisi
JML
Keterangan











   Keterangan   : Batas Tuntas  SKBM
                                      
                                      
Mengetahui,
Kepala SMPN 3 PARIAMAN





__________________________

GURU MATA PELAJARAN






ZULMASRI


                                                                                       














RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Sekolah                                    : SMPN 3 PARIAMAN
Mata Pelajaran             : Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester                        : VII / 2

Standar Kompetensi     : 8.     Mempraktikan berbagai teknik dasar permainan dan olahraga,
   serta nilai-nilai yang terkandung di dalamnya

Kompetensi Dasar       : 8.3. Mempraktikkan teknik dasar atletik serta nilai toleransi, percaya diri,
                                              keberanian, menjaga keselamatan diri dan orang lain, bersedia
                                              berbagi tempat dan peralatan

Alokasi Waktu             : 2x2x 40 menit

A. Tujuan Pembelajaran        : 1. Siswa dapat melakukan cara memegang dan meletakkan
                                                           posisi  peluru dengan benar
  2. Siswa dapat melakukan posisi awalan dengan benar
  3. Siswa dpat melakukan variasi teknik dasar tolak peluru
      dengan benar
      (gaya mundur/’Obrien)
  4. Siswa dapat melakukan variasi teknik dasar tolak peluru
       dengan benar
  5. Siswa dapat melakukan lomba tolak peluru dengan peraturan
       yang dimodifikasi menggunakan gaya mundur (’Obrien)

v  Karakter siswa yang diharapkan :         Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Toleransi ( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian ( Bravery )

B. Materi Pembelajaran        : Tolak Peluru gaya mundur (’Obrien)

C. Metode Pembelajaran       : 1. Inklusif
                                                  2. Demontrasi
                                                  3. Part and Whole
                                                  4. Resiprocal (timbal balik)

D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran          :
         Pertemuan 1 & 2
1. Kegiatan Pendahuluan
-    Berbaris, berdoa, presensi, apersepsi dan pemanasan
-    Memberikan motivasi dan menjelaskan tujuan pembelajaran



2. Kegiatan Inti  
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  Melakukan latihan teknik dasar cara memegang peluru
F  Melakukan latihan posisi awalan dengan benar
F  Meakukan latihan variasi teknik dasar dengan benar
F  memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di lapangan.

§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  Strategi pelaksanaan dengan menggunakan model tugas/penugasan
­   guru membagikan bahan ajar, yang berisi deskripsi tugas dan indikator tugas gerak
­   siswa mempelajari tugas ajar dan indikator keberhasilannya
­   siswa memperkirakan waktu yang diperlukan untuk mencapai ketuntasan tugas ajar
­   siswa melaksanakan tugas ajar sesuai dengan target waktu yang telah ditentukan sendiri
­   bagi siswa yang belum mampu mencapai target belajar sesuai dengan alokasi waktunya, maka mereka diberi kesempatan untuk memperbaiki target waktu.
­   bagi siswa yang telah berhasil mencapai target sesuai dengan waktu atau lebih cepat, maka mereka diberi kesempatan untuk mencoba permainan bolavoli dengan peraturan yang dimodifikasi.
F  Strategi pelaksanaan dengan menggunakan model resiprokal/timbal-balik
­   guru mengatur siswa agar berpasang-pasangan
­   guru membagikan bahan ajar, yang berisi deskripsi tugas dan indikator tugas gerak kepada setiap pasangan
­   siswa mempelajari tugas gerak dan indikator keberhasilannya
­   siswa membagi tugas, siapa yang pertama kali menjadi pelaku dan siapa yang menjadi pengamat
­   siswa melaksanakan tugas gerak, dan berganti peran bila mana pelaku sudah berhasil menampilkan gerak sesuai dengan indikator yang telah ditentukan
F  memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.

§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

3. Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F  bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
F  melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F  memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F  merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;

E. Sumber Belajar                  : 1. Roji, PENJASORKES,
                                                  2. Peluru
                                                  3. Lapangan
                                                  4. Roll Meter
                                                  5. Bendera

F. Penilaian     :
   Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran    

Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
Aspek  Psikomotor
·   Melakukan teknik dasar posisi awalan, memegang peluru, meletakan peluru dan menolak
·   Melakukan variasi teknik dasar memegang peluru, meletakan peluru dan menolak
·   Melakukan lomba tolak peluru dengan peraturan yang dimodifikasi

Aspek  Kognitif
·   Mengetahui bentuk variasi dan kombinasi teknik dasar posisi awalan, memegang peluru, meletakan peluru dan menolak

Aspek Afektif
·   Toleransi, percaya diri, keberanian, menjaga keselamatan diri dan orang lain, bersedia berbagi tempat dan peralatan

Tes praktik
(Kinerja)















observasi
Tes Contoh Kinerja















observasi
Lakukan variasidan kombinas teknik dasar posisi awalan, Lakukan memegang
peluru, meletakan peluru dan menolak !












Toleransi, percaya diri, keberanian, menjaga keselamatan diri dan orang lain, bersedia berbagi tempat dan peralatan



  1. Teknik Penilaian    :
         - Tes Unjuk Kerja (Psikomotor)
            Lakukan teknik dasar posisi awalan, memegang peluru, meletakan peluru dan menolak
            Lakukan variasi teknik dasar
            Ket. : Berikan penilaian terhadap kualitas unjuk kerja siswa dengan rentang 1 s.d 5
                      N = Σ Skor yang diperoleh x 50
                             Σ Skor maksimal
 

       - Pengamatan Sikap (Afeksi)
              Lakukan teknik dasar posisi awalan, memegang peluru, meletakan peluru dan menolak
              Lakukan latihan variasi teknk dasar
Taati peraturan yang ada, bekerjasama dengan teman, soan dan melakukan dengan
 sungguh-
Sungguh selama proses pembelajaran
           Ket. : Beri tanda (v) untuk setiap perilaku
                      N = Σ Skor yang diperoleh x 30
                             Σ Skor maksimal
     
   - Kuis (Kognisi)
           Sebutkan teknik dasar posisi awalan, memegang peluru, meletakan peluru dan menolak
           Sebutkan bentuk latihan variasi teknik dasar
                      Ket. : Berikan penilaian terhadap kualitas jawaban siswa dengan rentang 1 s.d 5
                      N = Σ Skor yang diperoleh x 20
                             Σ Skor maksimal
           NA = NP + NA + NK
 

     2. Rubrik Penilaian             :

                                                Rubrik Penilaian Unjuk Kerja
                                                   Tolak peluru gaya mundur   
Indikator
Aspek yang dinilai
Skor
Nilai
Kualitas Gerak
1     2     3     4     5
1.Melakukan teknik dasar posisi awalan, memegang peluru, meletakan peluru dan menolak

2. Melakukan variasi teknik dasar
1. Banyaknya bentuk latihan yang ditampilkan

2. Banyaknya bentuk latihan variasi teknk dasar
15 – 30


35 - 70



Jumlah Nilai



  Jumlah skor max       : 100

Rubrik Penilaian Pengamatan Sikap
                                                      Tolak peluru gaya mundur

            Indikator
Perilaku yang diharapkan
Skor
Nilai
Cek (V)
1.  Melakukan teknik dasar posisi awalan, memegang peluru, meletakan peluru dan menolak

2. Melakukan variasi teknik dasar
1. Bekerjasama dengan teman satu team
2. Sopan
3. Menta’ati peraturan
4. Menghargai teman
5. Melakukan dengan sungguh-sungguh
0 – 20

0 – 20
0 – 20
0 – 20
0 – 20




Jumlah Nilai



  Jumlah skor max       : 100
Rubrik Penilaian Pemahaman Konsep
                                                        Tolak peluru gaya mundur          

Indikator
Pertanyaan yang diajukan
Skor
Nilai
Kualitas
1    2    3   4  5
1.Melakukan teknik dasar posisi awalan, memegang peluru, meletakan peluru dan menolak

2. Melakukan variasi teknik dasar
1.Bagaimana tolak peluru gaya mundur ?

0 - 100



Jumlah Nilai



  Jumlah skor max       : 100
                                                                JUMLAH NILAI
                                                            Tolak peluru gaya mundur

Indikator
Psikomotor
Afeksi
Kognisi
JML
Keterangan



1.Melakukan teknik dasar posisi awalan, memegang peluru, meletakan peluru dan menolak

2. Melakukan variasi teknik dasar









                                               
ANALISIS KETUNTASAN BELAJAR
                                                     Tolak peluru gaya mundur
Indikator
Psikomotor
Afeksi
Kognisi
JML
Keterangan
60%
30%
10%
1.Melakukan teknik dasar posisi awalan, memegang peluru, meletakan peluru dan menolak

2. Melakukan variasi teknik dasar









    Keterangan : Batas Tuntas lihat SKBM
                                   
Mengetahui,
Kepala SMP N 3 PARIAMAN



_________________

GURU MATA PELAJARAN




ZULMASRI
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )


Sekolah                                    : SMPN 3 PARIAMAN
Mata Pelajaran             : Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester                        : VII / 2

Standar Kompetensi     : 8.      Mempraktikkan berbagai teknik dasar permainan dan olahraga,
     beladiri dengan baik, dan nilai keberanian, kejujuran, serta menghargai
                                                   lawan dan percaya diri.

Kompetensi Dasar       : 8.4. Mempraktikkan teknik dasar salah satu permainan olahraga
bela diri  dengan baik, serta nilai keberanian, kejujuran, menghormati lawan  dan percaya diri

Alokasi Waktu             : 2x2x40 menit

A. Tujuan Pembelajaran        : 1. Siswa dapat melakukan teknik dasar tendangan dengan benar
  2. Siswa dapat melakukan teknik dasar pukulan dengan benar
  3. Siswa dapat merangkai teknik dasar kuda-kuda dan  melangkah

v  Karakter siswa yang diharapkan :         Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Toleransi ( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian ( Bravery )

B. Materi Pembelajaran        :
Ü  Pencak Silat

C. Metode Pembelajaran       : 1. Inklusif
                                                  2. Demontrasi
                                                  3. Part and Whole
                                                  4. Resiprocal (timbal balik)

D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran          :
 
    Pertemuan 1 & 2
1.      Kegiatan Pendahuluan
·         Berbaris, berdoa, presensi, apersepsi dan pemanasan
·         Memberikan motivasi dan menjelaskan tujuan pembelajara





2.      Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  Melakukan teknik dasar tendangan (depan, belakang, samping, busur depan dan belakang) secara berpasangan atau kelompok
F  Melakukan teknik dasar pukulan (depan, bawah, atas, samping) secara berpasangan atau kelompok
F  memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di lapangan

§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  Melakukan  teknik dasar tendangan secara berpasangan atau kelompok
F  Melakukan  teknik dasar pukulan secara berpasangan atau kelompok
F  Melakukan variasi teknik dasar secara berpasangan atau kelompok
F  memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan  rasa percaya diri peserta didik.

§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

3. Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F  bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
F  melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F  memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F  merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;

E. Sumber Belajar                  : 1. Roji, PENJASORKES,
                                                  2. Ruang terbuka yang datar dan aman
                                                  3. Body Protector
                                                  4. Target











F. Penilaian     :

Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran    

Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
Aspek  Psikomotor
·   Melakukan variasi dan kombinasi teknik dasar menendang (depan, belakang, samping, busur depan dan belakang)
·   Melakukan variasi dan kombinasi teknik dasar pukulan (depan, bawah, atas, samping)

Aspek  Kognitif
·   Mengetahui bentuk variasi dan kombinasi teknik dasar menendang (depan, belakang, samping, busur depan dan belakang) dan pukulan (depan, bawah, atas, samping)

Aspek Afektif
·   Keberanian, kejujuran, menghormati
      lawan dan  percaya diri
Tes praktik
(Kinerja)














Observasi


Tes Contoh Kinerja














  observasi


Lakukan variasi dan kombinasi teknik dasar tendang dan pukulan !













Keberanian, kejujuran, menghormati
   lawan dan  percaya diri


     1. Teknik Penilaian :
         - Tes Unjuk Kerja (Psikomotor)
            Lakukan teknik dasar tendangan dan langkah
            Rentang nilai antara 1 s.d. 4
                      N = Σ Skor yang diperoleh x 50
                             Σ Skor maksimal
 
       - Pengamatan Sikap (Afeksi)
            Merangkai teknik dasar tendangan dan pukulan, mentaati aturan, dan tunjukkan
            perilaku sportif
            Beri tanda cek, tiap perilaku yang di cek mendapat nilai 1
 N = Σ Skor yang diperoleh x 30
                             Σ Skor maksimal
     
      - Kuis (Kognisi)
            Jawab dengan lisan atau peragaan pertanyaan tentang konsep gerak dalam beladiri
             Pencak silat
             Kwalitas jawaban peserta dengn rentang nilai 1 s.d. 4
                      N = Σ Skor yang diperoleh x 20
                             Σ Skor maksimal

            NA = Nilai tes unjuk kerja + Nilai Sikap + Nilai Kuis

     2. Rubrik Penilaian             :

                                                Rubrik Penilaian Unjuk Kerja
                                                   Teknik dasar pencak silat
            Aspek yang dinilai
Kualitas Gerak
1
2
3
4
1.      Gerakan kaki saat melakukan tendangan
2.      Gerakan kaki melangkah tetap ditanah
3.      Merangkai teknik dasar kuda-kuda dan langkah kaki serta tendangan.




Jumlah skor maksimal : 12






Rubrik Penilaian Pengamatan Sikap
Perilaku Dalam beladiri pencak silat
            No
Perilaku yang diharapkan
Cek
1.
2.
3.
4.
Bersikap sportif
Mentaati peraturan
Menghormati guru dan lawan
Kesungguhan dalam mengikuti kegiatan


Jumlah Nilai skor maksimal = 4





   Rubrik Penilaian Pemahaman Konsep
                                         Pemahaman konsep gerak dalam beladiri pencak silat
Aspek yang dinilai
Kualitas Gerak
1
2
3
4
1.      Bagaimanakah posisi kaki saat melakukan tendangan
2.      Bagaimana gerakan kaki yang benar saat melakukan langkah
3.      Bagaimana rangkaian yang benar pada saat melakukan kuda-kuda dan tendangan





Jumlah skor maksimal : 12













                                                            JUMLAH NILAI
Indikator
Psikomotor
Afeksi
Kognisi
JML
Keterangan
50 %
30 %
20 %
1. Melakukan teknik dasar tendangan dan langkah
 2. Merangkai teknik dasar kuda-kuda dan tendangan







   Keterangan   : Batas Tuntas lihat SKBM



                                      
 Mengetahui,
Kepala SMP N 3 PARIAMAN




______________

GURU MATA PELAJARAN.





ZULMASRI




























RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Sekolah                                    : SMP Negeri 3 PARIAMAN
Mata Pelajaran             : Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester                        : VII / 2

Standar Kompetensi     : 13.    Menerapkan budaya hidup sehat

Kompetensi Dasar       : 13.1. Melakukan identifikasi berbagai penyakit menular  seksual

Alokasi Waktu             : 1x2 x 40 menit         

A. Tujuan Pembelajaran:  Siswa dapat mengidentifikasi  berbagai penyakit menular seksual .

v  Karakter siswa yang diharapkan :         Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Toleransi ( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian ( Bravery )

B. Materi Pembelajaran:       Kesehatan

C. Metode Pembelajaran       : - Diskusi
                                                  - Inclusive
                                                  - Resipocal

D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran          :
1. Kegiatan Pendahuluan
·         Berbaris, berdoa, presensi, apersepsi dan pemanasan
·         Memberikan motivasi dan menjelaskan tujuan pembelajaran

2. Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  Melakukan idetifikasi penyakit     menular seksual   secara  berkelompok    

§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  Pembagian kelompok, melakkan diskusi, mempresentasikan hasil diskusi.
F  Melakukan idetifikasi penyakit  menular seksual 
F  Cara pencegahan
F  Mengetahui idetifikasi penyakit  menular seksual  dan cara pencegahan
F  Kerja sama dan kebersihan


§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F  memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber

F   memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F  memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø  berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø  membantu menyelesaikan masalah;
Ø  memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø  memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø  memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.

3. Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F  bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
F  melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F  memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F  merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;

E. Sumber Belajar                  : Buku teks, :Cara menuju ehat Depdikbud Jakarta
                                                  Nara sumber, Gambar

F. Penilaian     :

Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran    

Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen

Aspek  Psikomotor
·   Melakukan idetifikasi penyakit     menular seksual 
·   Cara pencegahan



Tes praktik
(Kinerja)



Tes Contoh Kinerja




Lakukan identifikasi jenis penyakit,cara penu laran,masa tunas  !
Lakukan cara pencegahan
   penyakit menular seksual !


  
  1. Teknik Penilaian    :
         - Pengamatan Sikap (Afeksi)
            Pengamatan saat mengkuti kegiatan pemebelajaran
                     N = Σ Skor yang diperoleh x 40
                                        Σ Skor maksimal
         - Kuis (Kognisi)
            Sebutkan identifikasi penyakit
            Sebutkanmacam-macam penyakit
                     N = Σ Skor yang diperoleh x 60
                                        Σ Skor maksimal

     2. Rubrik Penilaian             :
                                                Rubrik Penilaian Pengamatan Sikap
                                                            Kesehatan

            Indikator
Aspek yang dinilai
Skor
Nilai
1. Mengidentifikasi berbagai penyakit menular seksual .
1. Antusiasisme
2. Partisipasi
3. Kerjasama
0 - 40
0 - 40
0 - 20


Jumlah Nilai


  Jumlah skor max       : 100

Rubrik Penilaian Kognisi
                                                                Kesehatan

            Indikator
Pertanyaan yang diajukan
Skor
Nilai
1. Mengidentifikasi berbagai penyakit menular seksual .
Bagaimana :
1. Macam-macam penayailt menuar
2. Tanda-tandanya
3. sumber penularan
4. Pengobatannnya


0 – 30
0 – 30
0 – 20
0 - 20


Jumlah Nilai


  Jumlah skor max       :100
                                                            JUMLAH NILAI

Indikator
Afeksi
Kognisi
JML
Keterangan
40 %
60 %
1. Mengidentifikasi
    berbagai penyakit  
    menular seksual .




Mengetahui,
Kepala SMP N 3 PARIAMAN





______________

GURU MATA PELAJARAN






ZULMASRI
   Keterangan   : Batas Tuntas lihat SKBM

Tidak ada komentar:

Posting Komentar